Get Adobe Flash player

Lokasi Kampus

Lokasi Kampus

Kampus Universitas Jambi tersebar di beberapa lokasi, yaitu Kampus Mendalo, Kampus Unja Pasar, Kampus Unja Telanai, Kampus Unja Sarolangun, Kampus Unja Muara Bulian, Kampus Unja Muara Sabak dan Kampus Unja Kuala Tungkal.

Unsur Pimpinan

Unsur Pimpinan

Unsur pimpinan Univeritas Jambi terdiri dari Rektor (Prof. Johni Najwan, SH, MH, Ph.D)dan dibantu oleh 4 (empat) orang Wakil Rektor yang berada di bawah dan bertanggung jawab langsung kepada Rektor.

Mahasiswa Baru

Mahasiswa Baru

Pada tahun akademik 2016/2017, Universitas Jambi menerima Mahasiswa baru melalui Jalur : SNMPTN, SBMPTN, UMB dan SLM Unja.

Alumni

Alumni

Universitas Jambi telah melaksanakan kegiatan Wisuda Pascasarjana, Sarjana dan Diploma ke-71

Frontpage Slideshow | Copyright © 2006-2011 JoomlaWorks, a business unit of Nuevvo Webware Ltd.
  • Pengumuman

  • Sambutan


PENGUMUMAN
Nomor: 06/PANSEL-JPTP/UNJA/2016 TENTANG PENGUMUMAN HASIL SELEKSI ADMINISTRASI
SELEKSI TERBUKA

JABATAN PIMPINAN TINGGI PRATAMA
DI LINGKUNGAN UNIVERSITAS JAMBI
TAHUN 2016   Berdasarkan hasil  ... 



PENGUMUMAN
Nomor: 03/PANSEL-JPTP/UNJA/2016 TENTANG
RALAT JADWAL DAN TAHAPAN SELEKSI TERBUKA JABATAN PIMPINAN TINGGI PRATAMA
DI LINGKUNGAN UNIVERSITAS JAMBI
TAHUN 2016 Berdasarkan hasil rapat Panitia S ... 


Lainnya...

Rektor beserta seluruh Civitas akademika Universitas Jambi dengan ini mengucapkan selamat datang di Website Universitas Jambi. Website ini merupakan salah satu bentuk upaya konkrit dari pihak universit ... 


Sambutan

    Unsur Penunjang

    Unit Pelaksana Teknis (UPT) Perpustakaan.
    Perpustakaan adalah unit pelaksana teknis di bidang perpustakaan yang berada di bawah dan bertanggung jawab langsung kepada Rektor dan pembinaannya dilakukan oleh Pembantu Rektor I. Perpustakaan dipimpin oleh seroang Kepala yang ditunjuk diantara pustakawan senior di lingkungan perpustakaan.
    Perpustakaan mempunyai tugas memberikan layanan bahan pustaka untuk keperluan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Untuk menyelenggarakan tugas tersebut, perpustakaan mempunyai fungsi :
    a.    Menyediakan dan mengolah bahan pustaka.
    b.    Memberikan layanan dan pendayagunaan bahan pustaka.
    c.    Memelihara bahan pustaka.
    d.    Melakukan layanan referensi.
    e.    Melakukan urusan tata usaha perpustakaan.

    Unit Pelaksana Teknis (UPT) Komputer.
    UPT Komputer adalah Unit Pelaksana Teknis di bidang pengolahan data yang berada di bawah dan bertanggung jawab langsung kepada Rektor dan sehari-hari pembinaannya dilakukan oleh Pembantu Rektor I. Pusat komputer dipimpin oleh seorang Kepala yang ditunjuk diantara tenaga akademik dan tenaga teknis komputer senior di lingkungan pusat komputer. Pusat komputer mempunyai tugas mengumpulkan, mengolah, menyajikan dan menyimpan data dan informasi serta memberikan layanan untuk program-program pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.
    Untuk menyelenggarakan tugas tersebut, pusat komputer mempunyai fungsi :
    a.    Mengumpulkan dan mengolah data dan informasi
    b.    Menyajikan dan menyimpan data dan informasi
    c.    Melakukan urusan tata usaha pusat komputer.

    Unit Pelaksana Teknis (UPT)  Program Pengalaman Lapangan (PPL).
    Unit program pengalaman lapangan (PPL) adalah unit pelaksana teknis di bidang praktek pengalaman lapangan yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Rektor dan sehari-hari pembinaannya dilakukan oleh Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP).
    Unit program pengalaman lapangan dipimpin oleh seorang Kepala. Unit program pengalaman lapangan mempunyai tugas melaksanakan pengelolaan praktek pengalaman lapangan yang dilakukan oleh mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.
    Untuk menyelenggarakan tugas tersebut di atas, unit program pengalaman lapangan mempunyai fungsi :
    a.    Merencanakan dan mengatur pelaksanaan praktek pengalaman lapangan oleh mahasiswa.
    b.    Mengendalikan dan menilai pelaksanaan praktek pengalaman lapangan oleh mahasiswa.
    c.    Melakukan urusan tata usaha unit program pengalaman lapangan.

    Unit Pelaksana Teknis (UPT)  Kebahasaan.
    UPT Kebahasaan mempunyai fungsi sebagai unsur penunjang tugas pokok Universitas Jambi, memberikan pelayanan jasa, membina dan mengembangkan bahasa, baik Bahasa Indonesia maupun Bahasa Asing di kalangan Universitas Jambi dan masyarakat di luar Universitas Jambi dalam rangka usaha meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM). UPT Kebahasaan juga mengadakan Tes Toefel bagi yang memerlukan. Dalam mengelola kegiatan, pengadaan tenaga pengajar dan sumber belajar UPT Kebahasaan ini bekerja sama dengan THE BRITISH COUNCIL yang berkedudukan di Jakarta.
    Self-Access Centre (sac) adalah tempat belajar bahasa Inggris secara mandiri. Sebagai salah satu kegiatan UPT Kebahasaan UNJA, keberadaan SAC dimaksudkan untuk memberi lebih banyak kesempatan kepada civitas akademika agar dapat belajar bahasa inggris secara terus menerus sehingga diharapkan kemampuan berbahasa Inggris mereka akan meningkat. Disamping itu, mengingat jumlah waktu pembelajaran bahasa Inggris di kelas yang sangat sedikit sedangkan hasil belajar yang ditetapkan sangat tinggi, maka keberadaaan SAC juga akan membantu para mahasiswa untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan.
    SAC dilengkapi dengan sejumlah buku pustaka bahasa Inggris seperti : Kamus, buku Grammatika, Kosa kata, dan buku-buku sastra (Novel dan cerita pendek) dan media belajar elektronik audio/visual seperti Cassete Player, TV, Video Player, Komputer, dan VCD. Dengan fasilitas ini, setiap individu nantinya dapat belajar bahasa Inggris dengan menggunakan metode yang cocok dengan pribadi dan cara belajar masing-masing dan materi belajar yang juga sesuai menurut minat dan kebutuhan mereka.
    Di SAC akan dibentuk forum komunikasi yang disebut English Speaking Club yang akan dikelola oleh para Mahasiswa. Dalam kegiatan ini mahasiswa dapat melatih kemampuan berkomunikasi mereka dalam bahasa Inggris. Selain itu juga dilaksanakan kegiatan diskusi dalam bahsa Inggris (English Debate)

    U.P. MIPA dan Laboratorium Dasar Universitas
    Laboratorium / studio merupakan perangkat penunjang pelaksanaan pendidikan pada jurusan dalam pendidikan akademik dan/atau profesional. Laboratorium/studio dipimpin oleh seorang Dosen yang keahliannya telah memenuhi persyaratan sesuai dengan cabang ilmu pengetahuan, teknologi dan/atau kesenian tertentu serta bertanggung jawab kepada Ketua Jurusan.
    Laboratorium/studio mempunyai tugas melakukan kegiatan dalam cabang ilmu pengetahuan, teknologi dan/atau kesenian tertentu sebagai penunjang pelaksanaan tugas pokok jurusan sesuai dengan ketentuan bidang yang bersangkutan. Penambahan dan penutupan jurusan pada setiap fakultas ditetapkan oleh Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi. Penambahan dan penutupan Laboratorium/studio ditetapkan oleh Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi.
    Laboratorium Dasar merupakan laboratorium Dasar Universitas dan melayani praktikum ilmu-ilmu dasar yang ada  pada beberapa fakultas eksakta (Fakultas Pertanian dan Fakultas Peternakan) dan fakultas sosial (ilmu kependidikan MIPA) seperti Biologi, Kimia, Fisika, Matematika dan Biokimia.

    Hubungan Masyarakat (HUMAS)
    Suatu informasi akan mempunyai nilai dan kualitas yang baik, jika informasi tersebut mudah diperoleh, cakupannya luas dan lengkap serta memiliki ketelitian yang tinngi, Humas di harapkan berperan strategis dalam mengkomunikasikan, mengkoordinasikan dan menginformasikan peraturan, kebijakan, program dan informasi kegiatan kepada masyarakat.
    Peran Humas adalah memberikan informasi kepada masyarakat, menyakinkan masyarakat secara langsung untuk mengubah sikap dan tindakan dan usaha untuk memadukan sikap dan tindakan dari suatu organisasi dengan masyarakat dan sebaliknya. Praktek kehumasan harus menegakan citra baik, didukung itikad baik, saling pengertian, saling menghargai, saliing percaya dan toleransi.

    Badan Pelaksana Kuliah Kerja Nyata (KUKERTA)
    Badan ini bertugas merencanakan, mengkoordinir dan mengawasi pelaksanaan kuliah kerja nyata yang dilaksanakan secara rutin setiap semester. Kuliah Kerja Nyata (KUKERTA) adalah salah satu perwujudan pengamalan Tri Dharma Perguruan Tinggi, khususnya dharma ketiga yaitu pengabdian, yang secara langsung dilakukan pada masyarakat di pedesaan. Kegiatan kuliah kerja nyata ini melibatkan 500 sampai 1000 orang mahasiswa tingkat akhir untuk setiap semesternya yang disebar pada 25 sampai 50 desa diseluruh Propinsi Jambi.

    • Link

    • Tautan

    • Unit dan Program

     

    Webmail
    Siakad Online
    Online-journal
    Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat