Get Adobe Flash player

Lokasi Kampus

Lokasi Kampus

Kampus Universitas Jambi tersebar di beberapa lokasi, yaitu Kampus Mendalo, Kampus Unja Pasar, Kampus Unja Telanai, Kampus Unja Sarolangun, Kampus Unja Muara Bulian, Kampus Unja Muara Sabak dan Kampus Unja Kuala Tungkal.

Unsur Pimpinan

Unsur Pimpinan

Unsur pimpinan Univeritas Jambi terdiri dari Rektor (Prof. Johni Najwan, SH, MH, Ph.D)dan dibantu oleh 4 (empat) orang Wakil Rektor yang berada di bawah dan bertanggung jawab langsung kepada Rektor.

Mahasiswa Baru

Mahasiswa Baru

Pada tahun akademik 2016/2017, Universitas Jambi menerima Mahasiswa baru melalui Jalur : SNMPTN, SBMPTN, UMB dan SLM Unja.

Alumni

Alumni

Universitas Jambi telah melaksanakan kegiatan Wisuda Pascasarjana, Sarjana dan Diploma ke-71

Frontpage Slideshow | Copyright © 2006-2011 JoomlaWorks, a business unit of Nuevvo Webware Ltd.
  • Pengumuman

  • Sambutan


Diberitahukan kepada calon mahasiswa baru Universitas Jambi yang diterima melalui Jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) Tahun 2016, untuk dapat melaksanakan verifikasi data pada  ... 



Pengumuman Bagi Peserta Ujian SBMPTN 2016 Yang Memilih Prodi Pendidikan Olahraga dan Kesehatan dan Prodi Kepelatihan Olahraga Untuk Mengikuti Ujian Tes Fisik Pada Tanggal 1-2 Juni 2016. Sebelum mengik ... 


Lainnya...

Rektor beserta seluruh Civitas akademika Universitas Jambi dengan ini mengucapkan selamat datang di Website Universitas Jambi. Website ini merupakan salah satu bentuk upaya konkrit dari pihak universit ... 


Sambutan

    Kementerian Riset & Teknologi RI Setujui Pusat Penelitian Tek. Reklamasi

    Inisiator penggagas pembentukan pusat penelitian unggulan koridor ekonomi sumatera, yang tergabung dalam konsorsium Universitas Jambi, Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Jambi, dan Balitbangda Provinsi,  bersama-sama dengan Tim Verifikasi dari Kementerian Riset dan Teknologi Republik Indonesia bertemu Rektor Universitas Jambi pada tanggal 10 Juli 2013 di ruang kerja Rektor Universitas Jambi. Pertemuan yang diharapkan untuk mendapatkan arahan dari Rektor Universitas Jambi berlangsung dalam suasana kekeluargaan dan nyaman untuk bertukar pikiran guna menggagas berdirinya Pusat Penelitian Unggulan yang diharapkan lahir untuk menjawab dan menangani permasalahan degradasi lahan.

    Rektor Universitas  Jambi Prof. Drs. H.Aulia Tasman, MSc,Ph.D dalam arahannya menyampaikan bahwa dalam Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia, khususnya Koridor Ekonomi Sumatera, dimana Universitas Jambi adalah salah satu perguruan tinggi yang berada dalam koridor yang terkait. Strategi utama pelaksanaan MP3EI tersebut ujar Rektor “ diantaranya adalah memperkuat kemampuan sumber daya manusia dan IPTEK Nasional untuk mendukung pengembangan program utama di setiap koridor ekonomi, termasuk dalam ini koridor ekonomi Provinsi Jambi”.  Lebih lanjut Kementerian Riset dan Teknologi  Republik Indonesia  Setujui  Pusat  Penelitian Teknologi  ReklamasiRektor mengatakan, bahwa suatu provinsi tidak akan maju bilamana perkembangan dan kemajuan perguruan tingginya diabaikan. Dikatakannya lagi” bahwa dari perspektif penelitian perguruan tinggi sesuai dengan bidang ilmu yang ada padanya, menjadi kekuatan yang besar untuk menggali potensi dan menemukan teknologi yang tepat untuk mengelola sumberdaya alam (SDA) di masing-masing provinsi, dan apalagi diperkuat oleh Badanlitbang dan Balai pengkajian teknologi.  Untuk itu kata Rektor, kepada Kementerian Riset dan Teknologi Republik Indonesia mohon untuk membantu mewujudkan keinginan Universitas Jambi untuk membentuk Pusat Penelitian Unggulan  yang telah digagas oleh kawan-kawan peneliti dari  Universitas Jambi, Peneliti Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) dan Peneliti Balitbangda Provinsi Jambi. Apalagi Bapak Gubernur Provinsi  Jambi telah menyetujui terbentuknya konsorsium Pusat Unggulan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi  melalui Keputusan Gubernur Jambi Nomor 520/Kep.Gub/Balitbangda/2013 dengan anggotanya :  Lembaga Penelitian Universitas Jambi, Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) dan Balitbangda Provinsi Jambi.

    Inisiator penggagas pembentukan pusat penelitian unggulan koridor ekonomi sumatera, yang tergabung dalam konsorsium Universitas Jambi, Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Jambi, dan Balitbangda Provinsi,  bersama-sama dengan Tim Verifikasi dari Kementerian Riset dan Teknologi Republik Indonesia bertemu Rektor Universitas Jambi pada tanggal 10 Juli 2013 di ruang kerja Rektor Universitas Jambi. Pertemuan yang diharapkan untuk mendapatkan arahan dari Rektor Universitas Jambi berlangsung dalam suasana kekeluargaan dan nyaman untuk bertukar pikiran guna menggagas berdirinya Pusat Penelitian Unggulan yang diharapkan lahir untuk menjawab dan menangani permasalahan degradasi lahan.

    Rektor Universitas  Jambi Prof. Drs. H.Aulia Tasman, MSc,Ph.D dalam arahannya menyampaikan bahwa dalam Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia, khususnya Koridor Ekonomi Sumatera, dimana Universitas Jambi adalah salah satu perguruan tinggi yang berada dalam koridor yang terkait. Strategi utama pelaksanaan MP3EI tersebut ujar Rektor “ diantaranya adalah memperkuat kemampuan sumber daya manusia dan IPTEK Nasional untuk mendukung pengembangan program utama di setiap koridor ekonomi, termasuk dalam ini koridor ekonomi Provinsi Jambi”.  Lebih lanjut Rektor mengatakan, bahwa suatu provinsi tidak akan maju bilamana perkembangan dan kemajuan perguruan tingginya diabaikan. Dikatakannya lagi” bahwa dari perspektif penelitian perguruan tinggi sesuai dengan bidang ilmu yang ada padanya, menjadi kekuatan yang besar untuk menggali potensi dan menemukan teknologi yang tepat untuk mengelola sumberdaya alam (SDA) di masing-masing provinsi, dan apalagi diperkuat oleh Badanlitbang dan Balai pengkajian teknologi.  Untuk itu kata Rektor, kepada Kementerian Riset dan Teknologi Republik Indonesia mohon untuk membantu mewujudkan keinginan Universitas Jambi untuk membentuk Pusat Penelitian Unggulan  yang telah digagas oleh kawan-kawan peneliti dari  Universitas Jambi, Peneliti Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) dan Peneliti Balitbangda Provinsi Jambi. Apalagi Bapak Gubernur Provinsi  Jambi telah menyetujui terbentuknya konsorsium Pusat Unggulan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi  melalui Keputusan Gubernur Jambi Nomor 520/Kep.Gub/Balitbangda/2013 dengan anggotanya :  Lembaga Penelitian Universitas Jambi, Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) dan Balitbangda Provinsi Jambi.

    Pasca pertemuan tim penggagas dan tim verifikasi atau asesor dari Kementerian Riset dan Teknologi Republik Indonesia  dengan Rektor, Pada tanggal 11 Juli 2013 dilanjutkan dengan paparan proposal dan boring dihadapan tim asesor di Lembaga Penelitian Universitas Jambi yang disampaikan oleh Dr.Ardi Novra, S.Pt, M.Si.  Pihak Kemenristek Dr. Yohan (Asdep Kompetensi Kelembagaan) dalam diskusi penilaian proposal dan boring pembentukan Pusat Penelitian Unggulan mengatakan bahwa dalam menilai kelayakan terbentuknya Pusat Penelitian Unggulan dalam binaan Kementerian Riset dan Teknologi Republik Indonesia ada beberapa kriteria yang digunakan. Lebih lanjut dikatakan Dr. Yohan bahwa kriteria tersebut diantaranya” Kemampuan lembaga dalam menyerap Informasi, Kunjungan lembaga-lembaga penelitian internasional ke pusat studi unggulan tersebut, Menyelenggarakan riset dan pengembangan (perolehan HAKI, dan PATEN), Adanya produk yang dapat dikomersialkan atau teknologi termanfaatkan, dan Kemampuan lembaga dalam mengembangkan sumberdaya lokal.

    Drs. Sahat M Pangabean, MS salah satu asesor yang juga Staf Deputi Kelembagaan di Kementerian Riset dan Teknologi berkomentar segar yang katanya, Tim Penyusun Borang masih malu-malu mengatakan dan mengisikan kemampuan yang sesungguhnya dimiliki oleh lembaga ini atau kurang percaya diri. Selesai verifikasi borang, ketiga Asesor mengatakan bahwa kalau usulan lembaga Pusat Penelitian Unggulan ini disetujui maka akan banyak sekali program atau instentif dari Kemenristek untuk pengembangan penelitian dan pengembangan kelembagaan.

    Alhamdulillah, upaya yang sungguh-sungguh dari penggagas (Lembaga Universitas Jambi, Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) dan Balitbangda Provinsi Jambi ) dengan dukungan penuh yang diberikan oleh Rektor Universitas Jambi dan Gubernur Jambi, maka jerih payah itupun akhirnya berbuah manis, dengan ditandai oleh diterbitkannya Keputusan Persetujuan terbentuknya Pusat Penelitian Unggulan yang dimaksud. Kementerian Riset dan Teknologi Republik Indonesia Melalui Keputusan Deputi Bidang Kelembagaan IPTEK Kementerian Riset dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 05/D-KI/Kp/IX/2013 tentang Penetapan Lembaga Penelitian dan Pengembangan yang akan Dikembangkan Menjadi Pusat Unggulan IPTEK  Tahun 2014, memutuskan dan menyetujui berdirinya Pusat Penelitian Teknologi Reklamasi Lahan Lembaga Penelitian Universitas Jambi Koridor Ekonomi Sumatera dengan kompetensi riset bidang Teknologi Reklamasi lahan. Status  Pusat Penelitian Teknologi Reklamasi Lahan, merupakan lembaga yang akan dibina oleh Kemenristek pada tahun 2014. Pusat penelitian ini berada di bawah Lembaga Penelitian Universitas Jambi dan berkonsorsium dengan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Jambi dan Balitbangda Provinsi Jambi.

    Universitas Jambi pantas berbangga dengan berdirinya Pusat Penelitian Unggulan ini, karena se Indonesia Pusat Unggulan IPTEK yang disetujui oleh Kementerian Riset dan Teknologi Republik Indonesia hanya 6 (enam) pusat penelitian unggulan yang akan dikembangkan pada tahun 2014. Pusat Unggulan IPTEK tersebut adalah : (1) Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia, Koridor ekonomi Jawa, dengan Kompetensi Kopi, (2) Pusat Penelitian Pigmen Material Aktif - Universitas Ma Chung, Koridor ekonomi Jawa, dengan Kompetensi Klorofil dan Karotenoid, (3) Pusat Mikroelektronika – ITB Bandung, Koridor ekonomi Jawa, dengan kompetensi Broadband wireless Access (4) Pusat Studi Satwa Primata- IPB Bogor, Koridor ekonomi Jawa, dengan Kompetensi Bioteknologi dan Biomolekuler Satwa Primata, (5) Pusat Aplikasi Teknologi Isotop dan Radiasi- Batan, Koridor ekonomi Jawa, dengan Kompetensi Biomaterial Alat Kesehatan, dan (6) Pusat Penelitian Teknologi Reklamasi Lahan- Lembaga Penelitian Universitas Jambi, Koridor ekonomi Sumatera, dengan Kompetensi Teknologi Reklamasi Lahan.  Dari ke 6 (enam) Pusat Penelitian Unggulan IPTEK tersebut hanya satu yang mendukung koridor ekonomi sumatera.

    Menyikapi persetujuan telah terbentuknya Pusat Penelitian Teknologi Reklamasi lahan, maka Ketua lembaga Penelitian Universitas Jambi (Dr. Adriani, S.Pt, M.Si) langsung mengadakan pertemuan untuk membahas program kerja jangka pendek dan program lima tahunan. Pada kesempatan itu juga dibahas arah pengembangan penelitian sesuai dengan kompetensi dari pusat penelitian unggulan Koridor Ekonomi Sumatera ini.(Humas)

    Komentar (0)Add Comment

    Tulis Komentar
    Anda harus login dahulu. Silahkan registrasi, jika belum mempunyai akun.

    busy
    • Link

    • Tautan

    • Unit dan Program

     

    Webmail
    Siakad Online
    Online-journal
    Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat